Home » » BAITUL ARQOM PIMPINAN PDA KAB MALANG Menyamakan Persepsi Dalam Mengembangkan Organisasi

BAITUL ARQOM PIMPINAN PDA KAB MALANG Menyamakan Persepsi Dalam Mengembangkan Organisasi


Kab.Malang, Pasca RaKorda yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Nopember 2023 di Gedung GKB IV Universitas Muhammadiyah Malang, kegiatan  PDA Kab Malang untuk melanjutkan gerak langkah organisasi  perempuan berkemajuan, maka tanggal  13-14 Januari PDA Kab Malang menyelenggarakan Baitul Arqom untuk Pimpinan Daerah Kab Malang. Sebagaimana diketahui Baitul Arqom salah satubentuk pengkaderan  yang berorientasi pada pembinaaan ideologi dan kepemimpinan warga Muhammadiyah-Aisyiyah untuk menciptakan kesamaan sikap, wawasan, carapikir dan integritas Muhammadiyah-Aiyiyah.

Bertempat di PKBM Zam Zam Malang dengan mengusung tema “ Kepemimpinan Profetik dalam Mewujudkan Perempuan Berkemajuan” kegiatan  berlangsung selama 2 hari , diikuti 42 Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Malang terdiri dari Pimpinan harian, badan Pembantu Pimpinan, dan anggota Majelis-Lembaga. Acara dibuka oleh ketua PDA Kab Malang DR Apt Mursyidah M.Kes.  yang secara tegas menyampaikan bahwa kegiatan Baitul Arqom Pimpinan PDA diadakan untuk menyamakan persepsi Ibu Ibu Pimpinan dalam mengemban amanah sebagai bagian dari Pimpiinan Daerah Aisyiyah kab Malang. Aisyiyah sebagai Ortom khusus Muhammadiyah adalah organisasi perempuan persyarikatan Muhammadiyah merupakan gerakan Islam da’wah amar ma”ruf nahi mungkar dan tajdid yang berazas Islam serta bersumber kepada Al-Qur’an dan As Sunnah.

Tema yang diusung sangat pas untuk menyemangati Ibu Ibu Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Malang agar lebih semangat dengan materi yang tak kalah menarik yaitu : Risalah, Islam Berkemajuan yang disampaikan langsung oleh Ketua PWA Jawa Timur Ibu Dra Hj Rukmini MP, mampu membakar semangat Ibu Ibu Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Malang. dalam Risalah Islam berkemajuanmenguraikan pandangan tentang Islam serta merumuskan ciri ciri Islam berkemajuan. Juga ada materi  tambahan secara singkat oleh Sekretaris PWA  Ibu Asmawati MAg.Dilanjutkan dengan materi Matan Keyakinan dan cita cita Hidup Muhammadiyah disampaikan oleh Wakil Ketua PWA Ibu Dr Dalilah Chandra MAg.


Ibu Dalila yang juga seotang Dosen  di bidang Agama menyitir tentang Revitalisasi matan Keyakinan dan Cita Cita Hidup Muhammadiyah yang terus digelorakan. Salah satunya dengan Baitul Arqom Pimpinan dimana salah satu ciri Baitul Arqom adalah Mabit ( menginap sehari ) sedangkan jika lebih dalam penguatannya  bisa dilanjut dengan Darul selama 4 hari. Aisyiyah adalah ortom khusus Muhammadiyah. Gerakan islam ada AD dan ART nya bersifat  Kolektif kolegial . Dengan berbagai kegiatan semisal Kelompok Pengajian, Amal usaha dan kegiatan lainnya, paparan beliau sangat menarik dengan contoh contoh nyata yang ada dalam kehidupan sehingga peserta mudah untuk memahaminya.

Lanjutan materi berikutnya disampikan oleh Ketua PDM Kab Malang Dr. H M N Humaidi , mengupas tentang Masailul Khomsah. Masalah 5 yaitu Agama, Dunia, Ibadah, Sabillilah dan Qiyas.sangat lengkap sekali paparan yang disampaikan oleh Ketua PDM hingga  tak terasa 90 menit harus segera diakhiri karena waktu sudah menunjukkan sholat magrib.

Materi ke 4 yang dilaksanakan pada hari pertama disampaikan oleh Ustaz Saleh Subagya MAg, tentang Khittah Perjuangan Muhammadiyah. Paparan beliau sangat menarik peserta dengan tampilan permasalahan yang ada dalam organisasi melalui visualisasi beberapa vidio sesuai dengan contoh contoh permasalahan dalam organisasi, hingga mampu menciptakan diskusi cukup panjang dari peserta , tak terasa sesi ke 4 hari pertama diakhiri hampir pukul 21.30,

Minggu hari kedua tanggal 14 Januari masih ada 2 materi yaitu  Pedoman Hidup islami Warga Muhammadiyah(PHIWMdisampaikan oleh Ketua PDA Kab Malang. Secara lugas& lengkap beliau menhelaskan  pandangan Islam tentang kehidupan Islami warga Muhammadiyah  yang terdiri dari kehidupan pribadi ( aqidah, akhlaq, ibadah serta muamalah duniawiyah) termasuk juga kehidupan dalam berkeluarga, bermasyarakat, berorganisasi, mengelola amal usaha, berbinis, mengembangkan profesi, berbangsa bernegara, melestarikan lingkungan , mengembangakan ilmu dam teknologi serta budaya  dan Ayat Al-Qur’an & Hadits Rujukan.


Materi terakhir atau yang ke 6 disampaikan Korbid 1 di PDA kab malang,  yang membidangi Majlis Kader dan Tabligh, Ibu Supraptiningsih MAg, membahas  Anggaran Dasar Muhammadiyah, secara lengkap dan gamblang pemateri memaparkan apa yang telah ditulisnya dalam makalah yanglengkap serta membahas bersama sama dengan peserta.

Kegiatan Baitul Arqom 2 hari cukup padat dengan 6 materi, setiap jeda materi ada pembagian dooprize , jumlahnya hampir 20-an dari Ibu Ibu Pimpinan yang secara sukarela memberikan donasi ke panitia untuk memeriahkan acara.

Termasuk jugadalam rangkaian Baitul Arqom ada kegiatan ice breakhig. Sholat berjamaah. Sholat Tahajud, Sholat Subuh dan Kultum, Tadabur Ayat serta taklupa olah raga pada pagi hari agar seluruh peserta tetap sehat dan bersemangat selama mengikuti Baitul Arqom Pimpinan dan pulang kembali ke rumah tetap sehat dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas berikutnya. ( Titin PR-Wkl Sekretaris PDA Kab Malang)

 




 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Fanspage

Follow Me

 
Copyright © 2016. 'Aisyiyah Kabupaten Malang - All Rights Reserved

Dikembangkan Oleh: Arzadia Group | albaypulsa | Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger