Home » » Santri SMP ABSM Belajar mengobati sakit dengan cara alami

Santri SMP ABSM Belajar mengobati sakit dengan cara alami

Apapun alasannya kesehatan itu penting, dengan sehat semua jadi enak untuk dilakukan. Mulai dari bermain, belajar, bercanda dengan teman dan lain-lain.
Hal itu disampaikan oleh instruktur Penyuluhan Kesehatan dan Lingkungan Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (LP3M) Drs. Fatkhan Adi Putro kepada seluruh santri Sekolah Menengah Pertama (SMP) Aisyiyah Boarding School Malang di Aula Serbaguna SMP ABSM, Rabu (17/10/2018).
“Kenapa nenek moyang kita dapat hidup lebih dari 100 tahun? Karena mereka hidupnya sangat alami. Dalam hal mengobati sakit pun mereka pandai memanfaatkan tanaman dan tumbuhan di sekitar kita” ujar Fatkhan mengawali penyuluhannya.
“Naah hari ini kita akan mempelajari bagaimana hidup sehat dengan tumbuh-tumbuhan di sekitar kita dan dengan cara yang alami, tanpa bergantung pada obat-obat kimia” ungkapnya di hadapan 76 santriwati SMP ABSM.
Beberapa cara pengobatan alami disampaikan dengan gamblang oleh bapak beranak tiga ini. Pertama, dengan cara Therapy Zona. Therapy Zona merupakan cara menyembuhkan sakit yang dialami dengan cara menekan atau memijat simpul saraf yang berada di tiga lokasi pada tubuh kita. Diantaranya di belakang telinga, telapak tangan, dan telapak kaki.
“Tetapi ketika memijat atau menekan jangan terlalu keras, karena akan berakibat rusaknya saraf kita” jelasnya sambil mempraktikkan beberapa cara memijit atau menekan simpul saraf.
Kedua, Toga. Maksudnya adalah pemanfaatan beberapa tanaman atau tumbuhan yang ada di sekitar kita. Beberapa tanaman dihadirkan, dengan disertai dengan cara mengolah bahan untuk dapat dijadikan obat. Yang terakhir adalah dengan Do’a.
Beberapa kasus penyakit yang sering dialami oleh para santri pun turut jadi bahan materi dlam penyuluhan ini. Salah satunya adalah gatal-gatal, kutu, panas, dll.
“Setelah mendengar materi yang disampaikan oleh beliau, saya dapat mengetahui cara alami dalam mengobati penyakit dan manfaat tanaman yang ada di sekitar kita. Terus terang saya hal ini menambah wawasan saya ketika harus melaksanakan tanggung jawab di asrama.” Ujar Niken Pramudita selaku Ketua Bidang Kebersihan dan Kesehatan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM SMP ABSM)
Heny Tri Hastutik, S.Pd mengungkapkan acara ini terselenggara atas kerjasama antara LP3M dengan SMP ABSM dengan tujuan memberi penyadaran pada santri akan pentingnya kesehatan dan lingkungan bagi kehidupan sejak dini.
“Kami mengucapkan terima kasih pada LP3M yang diwakili oleh bapak Fatkhan selaku instruktur penyuluhan.  Semoga ilmunya bermanfaat bagi anak-anak dan menyadarkan akan pentingnya tanaman yang ada di sekitarnya” Tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Fanspage

Follow Me

 
Copyright © 2016. 'Aisyiyah Kabupaten Malang - All Rights Reserved

Dikembangkan Oleh: Arzadia Group | albaypulsa | Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger